BBPOM di Bandar Lampung Berkomitmen untuk Mewujudkan Pelayanan Prima

29-02-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 34 kali

Bandar Lampung –BBPOM di Bandar Lampung menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pelayanan Publik Prima dengan motto : Layanan Sikam Betik Melayani Haga Kuti Bahagia di Aula GALAKSI, BBPOM di Bandar Lampung, pada hari Selasa (13/02/24). Kegiatan ini diikuti oleh petugas layanan internal yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang prima serta mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang profesional, transparan, obyektif, efektif, efisien, dan akuntabel.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala BBPOM di Bandar Lampung, kepala bagian tata usaha, narasumber internal, seluruh ketua tim dari substansi terkait, dan seluruh petugas layanan yang berasal dari substansi infokom, substansi sertifikasi, Bagian Tata Usaha, satpam, dan cleaning service.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BBPOM di Bandar Lampung Ani Fatimah Isfarjanti, menurutnya perlu ada perhatian khusus terhadap peningkatan sarana dan prasarana layanan publik, terutama untuk kelompok rentan. Ani juga menambahkan, untuk meningkatkan kualitas layanan akan ada penambahan personel baru sebagai resepsionis dan juga peningkatan kompetensi petugas pelayanan.

Dilanjutkan dengan paparan dari narasumber yang meliputi materi terkait Standar Layanan Publik,  Reward and Punishment bagi Petugas Layanan, Perencanaan Inovasi baru di Layanan Publik, dan sosialisasi 9 Layanan Publik di BBPOM di Bandar Lampung, sebagai berikut : 

  1. Surat Keterangan Impor Obat dan Makanan,
  2. Surat Keterangan Ekspor Obat dan Makanan,
  3. Sertifikat Pemenuhan Aspek Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik secara Bertahap,
  4. Sertifikat Pemenuhan Aspek Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik,
  5. Rekomendasi sebagai Pemohon Notifikasi Kosmetika,
  6. Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik,
  7. Pengujian Obat dan Makanan,
  8. Pengaduan Masyarakat dan Informasi Obat dan Makanan, dan
  9. Sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik

Salah satu faktor penting dalam hal perubahan pola pikir dan budaya kerja di lingkungan suatu organisasi adalah adanya motto dalam bekerja terutama dalam pelayanan, motto ini diturunkan dalam bahasa daerah yang kita sebut dengan “Sikam Betik Melayani, Haga Kuti Bahagia” yang dalam arti bahasa adalah “Saya Melayani Dengan Penuh Tulus Ikhlas , Agar Anda Bahagi.“

Dengan adanya pelatihan ini harapan kami, BBPOM di Lampung dapat terus berkomitmen dan terus meningkatkan pelayanan prima sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika pelayanan prima di BBPOM Bandar Lampung meningkat, maka diharapkan terjadi pula peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan khususnya di Provinsi Lampung.

Sarana