Jamin Kosemtik Aman dan Bermutu, BBPOM di Bandar Lampung Giatkan Intensifikasi Pengawasan Kosmetik

29-02-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 31 kali

 

Bandar Lampung –BBPOM di Bandar Lampung telah melakukan intensifikasi pengawasan kosmetik di Kota Bandar Lampung dan beberapa kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Lampung. Pengawasan secara intensif ini berlangsung selama 3 hari (20-23 Februari 2024).

Jenis sarana yang diperiksa yaitu  sarana distribusi kosmetik antara lain distributor kosmetik, toko kosmetik dan klinik kecantikan, dimana di sarana tersebut ditemukan sejumlah kosmetik Tanpa Izin Edar (TIE) sejumlah 102 item, dari hasil temuan tersebut jumlah nilai ekonominya mencapai puluhan juta rupiah. Lalu terhadap temuan tersebut langsung dilakukan pemusnahan oleh pemilik sarana yang disaksikan oleh petugas  BBPOM Bandar Lampung.  

Melalui aksi intensifikasi pengawasan kosmetik tersebut, BBPOM di Bandar Lampung menjaga komitmen untuk melindungi masyarakat dari obat, obat tradisional dan kosmetik ilegal serta dari kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.  

BPOM berharap agar masyarakat dapat lebih bijak dalam memilih obat, obat tradisional, termasuk kosmetik. Lakukan CEK KLIK, yaitu Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dan Cek Kedaluwarsa sebelum membeli obat dan makanan.

Sarana